Membiasakan Kebiasaan Umum

Aku salah satu ibu yang ngefans dengan buku Steal Like In An Artist bahkan Ayah anakku membiasakan cara hidup yang sama sepertinya yakni membaca, mirip seperti dirinya.

Hanya bedanya suamiku mencari buku sendiri hingga sangat menyukai toko, pameran buku, hingga yang berbau keributan tentang buku. Memberikan buku bergambar akan dibolak balik meski ia belum mengerti tapi tidak perlu khawatir dengan melihat saja si kecil akan melatih imajinasinya.

Membiasakan membaca buku merupakan hal yang umum di mana pun tujuannya bukan untuk diingat namun bagaimana ia mengolah bacaan tersebut dalam otaknya hingga memiliki tujuan yang sama pastinya dengan cara yang berbeda. Semakin sering kita mengajaknya ke toko buku kelak toko berbau buku akan membuatnya haus membaca dan berimajinasi. Sangat banyak orang-orang yang berhasil dengan kebiasaan umum ini.

Mereka berkembang bukan hanya dengan menghafal namun bagaimana mengingat hal tersebut hingga menghasilkan sebuah karya karena ia sudah mulai berfikir bagaimana cara mengolahnya. Karena buku, koran, komik dan bacaan lain akan membuatnya berkembang tapi saring buku yang memang baik untuk perkembangannya saat ini contohnya, seperti buku bergambar di usia anak 2-3 tahun.

Jika salah satu kita membaca biarkan ia ikut membaca, jika kita bermain gitar atau alat musik lainnya maka biarkan ia mulai untuk mengikutinya pula sebab anak usia dini akan mengikuti apa aktivitas kita. Beri sesuatu yang umum dan baik.

Baca juga:

Belajar Dari Sebuah Artikel

Membangun Imajinasi Anak Lewat Dongeng

Ketahui Hobi Si kecil Sejak Dini

Memperkenalkan Angota Tubuh Dengan Lagu

Leave a comment